Penanggung Jawab Rumah Sehat Afiat dan Pengkaji Kedokteran Nabi

Saturday, December 25, 2010

Mengatasi Sesak Napas Anak

Assalamu'alaikum wr wb

Dokter, putri saya berusia 18 butan. Hampir setiap bulan diserang batuk dan pilek. Setiap kali batuknya kambuh, ia susah sekali bernapas. Pada malam hari, napasnya sampai berbunyi. Apabila batuk biasanya disertai muntah. Saya selalu periksa ke dokter. Dokter bilang hanya batuk biasa dan tidak ada yang berbahaya. Lalu dokter memberi resep, begitu seterusnya. Masalahnya adalah saya takut terlalu sering mengonsumsi obat kimia, terutama antibiotik akan terpengaruh buruk terhadapnya, apalagi usianya masih terlalu kecil. Perlu saya sampaikan kepada dokter, selama dua tahun ini kami selalu tinggal berpindah-pindah, dua Pekan sekali, dari daerah yang erudara sejuk di bawah kaki gunung Kerinci ke daerah yang berudara lebih panas atau sebaliknya.

1. Bagaimana mengobati batuk dan pilek anak saya tanpa obat-obatan kimia?
2. Apa yang seharusnya dilakukan agar nafas anak saya tidak sesak?

Bunda Hilwa
Komplek SMKN 1 Kayu Aro,
Kerinci

***

Wa'alaikumussalam wr wb

Segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad saw. Bunda Hilwa, alangkah bahagianya Ibu sudah dikaruniai anak. Sayangnya, data anak Ibu kurang lengkap, terutama berat badan dan tingginya serta sudah sejauh mana kemampuannya sekarang. Apakah sudah bisa berbicara, jalan atau lainnya? Kenapa semua ini ditanyakan karena memberikan obat kepada anak harus mempertimbangkan semua hal ini. Saya sangat prihatin jika anak sejak bayi sudah harus akrab dengan obat kimia, apaiagi antibiotika. Tapi sekarang belum terlambat.

Baiklah saya coba jawab pertanyaan Ibu. Kalau anak sering sakit, itu artinya daya tahannya rendah. Karena itu, tingkatkan daya tahan tubuhnya. Caranya sebagai berikut:

- Berikan susu+madu, pagi dan sore.

- Usahakan diberi buah pisang setiap hari sekurangnya 1 potong pisang Ambon ukuran sedang/kira-kira panjang 12 cm dengan diameter kira-kira 3-4 cm. Ini untuk menambah kalsiumnya.

- Berikan perasan 2 butir tomat buah ukuran sedang, jadikan 1 cangkir. Sebagai pemanis berikan madu 1 sendok teh, berikan sekali sehari. Dengan semua ini insya Allah akan jarang sakit.

- Jika batuk menyerang maka berikan ekstra oralit 1 sachet dibuat 2 gelas. Minumkan sedikit-sedikit.

- Untuk mengatasi hidung tersumbat, buatlah larutan garam dapur, 1/2 sendok teh garam dapur ditambah 4 sendok makan air matang. Kemudian ambil larutan tadi dengan kapas, lalu teteskan 1 tetes pada hidung yang tersumbat. Tiap jam sekali sampai hidung tidak tersumbat lagi.

***

(Dikutip dari majalah Sabili No. 2 TH. XV hal. 77)

No comments:

Post a Comment